Tips Wawancara Kerja: Hindari Bahasa Tubuh Ini

Lokersurabaya.comTips Wawancara Kerja: Hindari Bahasa Tubuh Ini. Halo teman-teman semua, apa kabar nih? Bagaimana keadaan kalian setelah sebulan penuh menjalankan puasa selama bulan Ramadan kemarin? Pastinya meskipun terasa lelah dan letih namun semua itu tentu terbayar lunas dengan pahala yang setimpal yang akan kita terima di Akhirat kelak. Dan sekarang sudah saatnya kita "ON" lagi dengan kegiatan-kegiatan kita sehari-hari. Bekerja dan meniti karir (khusus untuk yang sudah bekerja) Lain halnya dengan yang belum bekerja. Tentu hari demi hari dilewati dengan cara melamar pekerjaan ke setiap perusahaan yang sedang dibuka, namun sampai sekarang belum juga mendapatkannya. Kenapa bisa seperti itu?

Tips Wawancara Kerja: Hindari Bahasa Tubuh Ini
Hindari Bahasa Tubuh Ini
Nah kali ini admin akan memberikan tips yang mudah-mudahan bermanfaat khususnya bagi kamu yang belum mendapatkan pekerjaan, diantara hal yang paling penting adalah Bahasa Tubuh. Saat kita melakukan wawancara atau interview, kita tidak boleh melakukan hal-hal dalam bahasa tubuh yang kurang baik yang akan berakibat sangat fatal yaitu tidak diterima bekerja. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Menjabat Tangan Dengan Lesu

Sekilas berjabat tangan terlihat sebagai sesuatu yang sepele bagi sebagian besar orang. Namun tahu nggak kalau kesan dan pesan yang kamu berikan bisa terbaca dari caramu berjabat tangan? Di balik gestur sederhana ini ada makna yang berbeda lho, jadi sebaiknya gunakan kesempatan berjabat tangan untuk memberikan kesan yang baik dan positif, dan hindari berjabat tangan dengan gestur loyo dan lesu. Terlebih saat kita berjabat tangan dalam forum resmi, seperti saat kamu interview dalam melamar pekerjaan.

2. Menopangkan Dagu Dengan Tangan

Berpangku tangan, atau yang cukup popular dengan istilah ‘topang dagu’ ternyata memiliki serba serbi misteri di dalamnya. Sederhana saja, berpangku tangan dalam arti kiasan yang berarti berdiam diri tidak melakukan apa-apa adalah salah satu misteri yang terdapat dalam kata ‘topang dagu’ itu sendiri. Jika di artikan dalam bentuk perbuatan, topang dagu adalah posisi dimana kita menyanggah dagu atau pipi dengan satu tangan ataupun dengan kedua tangan.

Banyak dari kita yang tak menyangka kalau kebiasaan topang dagu memiliki efek yang cukup menyeramkan bagi tubuh, terutama bagi kecantikan kulit dan bentuk wajah. Dan banyak pula dari kita yang juga tidak benar-benar memahami arti kata dari kiasan berpangku tangan ini dapat berpengaruh kepada diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari terutama saat mengikuti interview atau wawancara kerja.

3. Menatap Dengan Pandangan Kosong

Ada hal yang sebaiknya tidak lupa Anda lakukan ketika tengah berbicara dengan seseorang, yakni kontak mata atau menatap lawan bicara Anda. Sebab, studi ilmiah membuktikan bahwa kontak mata saat berbicara mengandung beragam makna dan manfaat positif bagi diri Anda.

Studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Psychological Science menyatakan bahwa menatap lawan bicara dapat membantu meningkatkan kepercayaan. Para peneliti di University of Amsterdam, Belanda, menemukan bahwa ketika kita memandang lawan bicara, maka akan ada tendensi untuk meniru ukuran bola mata sang lawan bicara. Meskipun Anda sendiri tidak bisa mengontrol kecenderungan ini, namun perubahan yang terjadi saat menatap lawan bicara tersebut memiliki kekuatan yang besar dan dampak yang serius kepada keputusan sosial yang Anda buat dengan orang tersebut, misalnya seberapa besar Anda akan dapat dipercaya olehnya.

4. Terlalu Sering Menganggukkan Kepala

Menganggukkan kepala Kamu ketika sedang terlibat dalam sebuah percakapan memiliki arti bahwa Kamu tampak tertarik dan setuju dengan lawan bicara. Anggukan berarti Kamu mengerti apa yang sedang dibicarakan. Sedangkan kalau Kamu mengangguk sambil berbicara, Kamu bisa meyakinkan orang lain untuk menyetujui pendapat Kamu. 

Tapi jika hal itu di lakukan secara berlebihan justru akan berdampak negatif dimata pewawancara di tempat kamu melamar, jadi hindarilah terlalu sering menganggukkan kepala.

Dan itulah Tips Wawancara Kerja: Hindari Bahasa Tubuh Ini. Semoga bermanfaat. Jangan Lupa Untuk SHARE dan BERBAGI kepada seluruh teman, sahabat, saudara hingga kerabat untuk memberitahukan Lowongan Kerja Surabaya 2019. ini. Agar semakin berguna dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel