Sabtu, 27 Februari 2016

cara menjawab pertanyaan interview tentang kelebihan dan kekurangan

apa kelebihan dan kekurangan anda ? diantara banyak nya pertanyaan yang HRD berikan saat wawan cara kerja , mungkin saja salah satunya mengenai kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri kita, tak bisa dipungkiri , kita sebagai manusia bukan lah makhluk yang sempurna , meskipun kita memiliki suatu kelebihan , tapi pasti saja kelebihan itu dibarengi dengan sebuah kekurangan. saat wawancara meskipun ditanyai tentang kekurangan, bukan berarti anda harus memberikan jawaban negatif tentang diri anda, anda harus mempersiapkan jawaban yang pas, yang mampu menghipnotis sang HRD hehe. untuk itu jobsurabaya.com akan memberikan tips dan trik menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan yang anda  miliki.
cara menjawab pertanyaan interview tentang kelebihan dan kekurangan


kekurangan
  • hindari kelemahan yang sifatnya teknis
menurut saya jika anda salah dalam memberikan jawaban yang bersifat teknis, dapat dipastikan anda pasti tidak akan diterima kerja di perusahaan yang sedang anda lamar :D
lantas apa itu , kelemahan yang sifatnya teknis?? tak perlu dijelaskan secara panjang lebar , langsung saja saya kasih contoh "
jika anda melamar kerja dengan posisi sebagai brand marketing , terus anda ditanyai tentang kelemahan yang ada pada diri anda , maka jika anda menginginkan lulus tes  , maka wajib bagi anda untuk tidak memberikan jawaban mengenai kelemahan diri anda seperti .
-kelemahan saya yaitu sulit bekerja secara berkelompok/tim.
- saya kurang menyukai bekerja di lapangan.
karena bekerja sebagai staff brand marketing , sangat lah membutuhkan kerja sama tim yang bagus sehingga anda harus mempu bekerja secara kelompok / tim. terus berhubung bekerja sebagai staff band marketing itu di luar ruangan , maka anda mau tidak mau harus suka jika bekerja di luar ruangan.

  • ceritakan perubahan dari kekurangan anda
sebagai contoh jika anda dulunya bekerja di bagian kontrol biaya dan pada saat itu anda mempunyai kekurangan yaitu " saya seorang yang pemalu jika bertemu dengan orang yang baru dikenal" sebagai orang yang bekerja dibagian staff kontrol biaya , itu artinya anda harus siap jika berhubungan dengan pihak - pihak yang lain. namun seiring dengan berjalannya waktu akhirnya sikap pemalu saya akhirnya hilang. dan saya berhasil mengubah kekurangan yang ada pada diri saya.

contoh jawaban pertanyaan tentang kekurangan saat wawancara


  1. sebenarnya saya bukanlah orang yang mampu multi-tasking, saya lebih cenderung menyukai mengerjakan pekerjaan secara satu persatu, baru dilanjut ke pekerjaan yang selanjutnya, namun pada saat bekerjaa di perusahaan yang sebelumnya, saya sering sekali mengerjakan 2-6 proyek secara bersamaan, dan seiring dengan berjalannya waktu akhirnya saya mampu mengerjakan pekerjaan secara multi-tasking.
  2. sejak dulu saya sudah terbiasa jika mengerjakan sesuatu selalu saya kerjakan dengan detail , dan terkadang itu cukup memakan banyak waktu, walaupun saya mengetahui bahwa dalam mengerjakan sesuatu kita harus lebih cepat , dan dapat dengan mengerjakan sesuatu secara akurat dan tepat.
itulah contoh jawaban yang bisa anda berikan kepada sang pewawancara, selebihnya tinggal anda kembangkan. :)

kelebihan
di pertanyaan yang satu ini , buatlah si pewawancara terpukau dengan jawaban anda, sesuaikan kelebihan anda dengan posisi kerja dan kualifikasi yang diberikan perusahaan, jangan sampai anda menyebutkan kelebihan yang tidak cocok dengan jabatan yang sedang anda lamar :D.

Beberapa contoh jawaban wawancara tentang kelebihan anda.
  1. meskiun saya seorang fresh graduate , tetapi saya memiliki pengalaman di bidang menulis, sejak masih di bangku kuliah saya merupakan seorang penulis untuk majalah kampus, ditunjang dengan jurusan saya yaitu sastra, saya yakin pengalaman saya dapat bermanfaat bagi perusahaan bapak/ibu. 
  2. contoh kedua menyusul :P
nah itulah beberapa tips dan trik cara menjawab wawancara tentang kelebihan dan kekurangan diri anda , semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua, dan akhir kata samai berjumpa pada postingan selanjutnya.